KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NONBPJS DIBAGIAN TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS SAMPUNG KABUPATEN PONOROGO
Abstract
Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan total sampling. Populasi dalam penelitian ini pasien sejumlah 88 orang dan 2 petugas pendaftaran. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan metode kuesioner di Puskesmas Sampung Kabupaten Ponorogo tentang kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS dibagian pendaftaran dari 44 responden pasien BPJS sebagian besar sangat dengan presentase 56,82%%. Pasien non BPJS dari 44 responden hampir seluruhnya sangat puas dengan presentase 86,36%. diharapkan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik.
References
Alamsyah, Dedy. 2011. Manajemen pelayanan kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Asmuji. 2014. Manajemen keperawatan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Bustami. 2011. Penjamin mutu pelayanan kesehatan. Erlangga
Cahyani, Indah, Alika. 2016. Tinjauan kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di rumah sakit umum daerah (RSUD) dr. Sayidiman Magetan. Karya Tulis Ilmiah. Stikes Buana Husada. Ponorogo
Hartono, Bambang. 2010. Promosi Kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta
Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 128 Tahun 2004 Tentang Kebijakan Dasar Puskesmas
Kuntoro, Wahyu dan Istiono, Wahyudi. 2017. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta, Vol. 2, No 1
Minunjaya, Gde A.A. 2013. Manajemen mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: EGC
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. (2016). Metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
Pohan, S Imbalo S. 2006. Jaminan mutu layanan kesehatan. Jakarta: EGC
Sabarguna. 2008. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: CV Agung Seto
Saryono. 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jogjakarta: Mitra Cendikia
Sugiyono. 2016. Metode penelitian. Bandung: Alfabeta
Supranto. 2011. Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS)
DOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v1i1.267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.