PENGARUH WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT SANTA CLARA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah observasional analitik, dengan desain cross sectional study. Populasinya adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Santa Clara Madiun. dari populasi sejumlah 223 orang, dengan menggunakan teknik sampling random sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 70 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Uji analisis ang digunakan adalah uji chi square untuk mengetahui korelasi atau hubungan antara dua variabel. Pengujian dilakukan dengan mneggunakan software SPSS 16 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien rawat jalan menyatakan waktu tunggu di RS Santa Clara Madiun sudah sesuai standar sedangkan untuk kepuasan pasien rawat jalan sebagian besar pasien merasa tidak puas. Untuk hasil uji chi square menunjukkan bahwa p value = 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh antara waktu tunggu terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RS Santa Clara Madiun.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh waktu tunggu pasien terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Petugas RS Santa Clara Madiun unit rawat jalan hendaknya lebih meningkatkan pelayanan terutama untuk waktu tunggu pasien rawat jalan.
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dimyati, M. 2016. Komparasi Pengaruh Relationship Marketing dengan Pengaruh Mediasi Kepuasan dalam Membangun Loyalitas Pasien Rumah Sakit Islam di Kabupaten Banyuwangi. Vol. 10 No. 2 Desember 2016 (http://inferensi.iainsalatiga.ac.id/index.php/inferensi/article/view/725&sa)Diakses pada 05 April 2017
Handayani dan Ida. 2016. Relationship Marketing Memoderasi Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk di Kota Semarang) (http://ejournal.stiedharmaputrasmg.ac.id/index.php/JEMA/article/download/230/195). Diakses pada 06 April 2017
Hurriyati, R. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta
Kotler P dan Keller K. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Tiga Belas Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat
Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta
Ririn T.R dan Mastuti A. 2011. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia
Rizal F.Tambrin dan Chrismardani Y. 2010. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Studi Manajemen. Vol. 4 No. 2. http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/42101729_1907-4824.pdf. Diakses tanggal 6 Mei 2017.
Rudyana, R.S. 2015. Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada Sanggar Senam wanita Difana. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 4 No. 12
Sucahyo Doni Afan, Achamad Fauzi dan Zainul Arifin. Analisis Pengaruh Costumer Relationship Marketing Pemasaran Hubungan Pelanggan dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas. Vol. 7 No. 1 (http://www.ejournal.ub.ac.id/index.php/profit/article/download/341/572) Diakses pada 10 Mei 2017
Sudra, R.I. 2014. Statistik Rumah Sakit dari Sensus Pasien & Grafik Barber-Johnson Hingga Statistik Kematian & Otoopsi Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Supriyanto dan Ernawaty. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Sustaniyah, Sri. 2015. Penerapan Analisis Jalur dalam Menganalisis Model Hubungan Kausalitas antara Dimensi Relationship Marketing dengan Loyalitas Pelanggan. Vol. 2 No.1 November 2015
Swarjana, K. 2016. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Tjiptono dan Chandra. 2012. Pemasaran Startegik Edisi 2. Yogyakarta: CV. Andi Offset
¬¬. . 2016. Service, Quality & Satisfaction Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Umar Irham Muhamad, Darmawansyah dan Siti Hearani. 2013. Pengaruh Pemasaran Relasional terhadap Keinginan Pasien Rawat Inap Membangun Hubungan Jangka Panjang di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. (http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files). Diakses pada 28 Februari 2017
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009. Tentang Rumah Sakit
Widyastuti, Y dan Anik Wahyuati. 2014. Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 6 (http://e journal.stieasia.ac.id/jirm/article/download/545/516&sa). Diakses tanggal 28 Februari 2017
Yuniarti, S.V. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV. Pustaka Setia
DOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v3i3.254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.