PENGARUH WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT SANTA CLARA

EDY BACHRUN

Abstract


Rumah Sakit Santa Clara Madiun adalah salah satu rumah sakit katolik tipe C di Madiun. di Rumah Sakit Santa Clara Madiun diketahui bahwa dari 10 responden yang diamati, menunjukan bahwa 6 responden (60%) merasa puas (≤ 60 menit), dengan waktu tunggu di rawat jalan yang sesuai standar sedangkan 4 responden (40%) merasa kurang puas dengan waktu tunggu yang lebih dari standar (>60 menit), Oleh sebab itu sebagian besar responden kurang puas terhadap waktu dan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Santa Clara Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu tunggu pasien terhadap kepuasan pasien di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Santa Clara Madiun tahun 2017.
Jenis penelitian ini adalah observasional analitik, dengan desain cross sectional study. Populasinya adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Santa Clara Madiun. dari populasi sejumlah 223 orang, dengan menggunakan teknik sampling random sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 70 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Uji analisis ang digunakan adalah uji chi square untuk mengetahui korelasi atau hubungan antara dua variabel. Pengujian dilakukan dengan mneggunakan software SPSS 16 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien rawat jalan menyatakan waktu tunggu di RS Santa Clara Madiun sudah sesuai standar sedangkan untuk kepuasan pasien rawat jalan sebagian besar pasien merasa tidak puas. Untuk hasil uji chi square menunjukkan bahwa p value = 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh antara waktu tunggu terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RS Santa Clara Madiun.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh waktu tunggu pasien terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Petugas RS Santa Clara Madiun unit rawat jalan hendaknya lebih meningkatkan pelayanan terutama untuk waktu tunggu pasien rawat jalan.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dimyati, M. 2016. Komparasi Pengaruh Relationship Marketing dengan Pengaruh Mediasi Kepuasan dalam Membangun Loyalitas Pasien Rumah Sakit Islam di Kabupaten Banyuwangi. Vol. 10 No. 2 Desember 2016 (http://inferensi.iainsalatiga.ac.id/index.php/inferensi/article/view/725&sa)Diakses pada 05 April 2017

Handayani dan Ida. 2016. Relationship Marketing Memoderasi Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk di Kota Semarang) (http://ejournal.stiedharmaputrasmg.ac.id/index.php/JEMA/article/download/230/195). Diakses pada 06 April 2017

Hurriyati, R. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Kotler P dan Keller K. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Tiga Belas Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta

Ririn T.R dan Mastuti A. 2011. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia

Rizal F.Tambrin dan Chrismardani Y. 2010. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Studi Manajemen. Vol. 4 No. 2. http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/42101729_1907-4824.pdf. Diakses tanggal 6 Mei 2017.

Rudyana, R.S. 2015. Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada Sanggar Senam wanita Difana. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 4 No. 12

Sucahyo Doni Afan, Achamad Fauzi dan Zainul Arifin. Analisis Pengaruh Costumer Relationship Marketing Pemasaran Hubungan Pelanggan dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas. Vol. 7 No. 1 (http://www.ejournal.ub.ac.id/index.php/profit/article/download/341/572) Diakses pada 10 Mei 2017

Sudra, R.I. 2014. Statistik Rumah Sakit dari Sensus Pasien & Grafik Barber-Johnson Hingga Statistik Kematian & Otoopsi Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Supriyanto dan Ernawaty. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Sustaniyah, Sri. 2015. Penerapan Analisis Jalur dalam Menganalisis Model Hubungan Kausalitas antara Dimensi Relationship Marketing dengan Loyalitas Pelanggan. Vol. 2 No.1 November 2015

Swarjana, K. 2016. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Tjiptono dan Chandra. 2012. Pemasaran Startegik Edisi 2. Yogyakarta: CV. Andi Offset

¬¬. . 2016. Service, Quality & Satisfaction Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Umar Irham Muhamad, Darmawansyah dan Siti Hearani. 2013. Pengaruh Pemasaran Relasional terhadap Keinginan Pasien Rawat Inap Membangun Hubungan Jangka Panjang di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. (http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files). Diakses pada 28 Februari 2017

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009. Tentang Rumah Sakit

Widyastuti, Y dan Anik Wahyuati. 2014. Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 6 (http://e journal.stieasia.ac.id/jirm/article/download/545/516&sa). Diakses tanggal 28 Februari 2017

Yuniarti, S.V. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV. Pustaka Setia




DOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v3i3.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.