Pendidikan Kesehatan Menggunakan Leaflet dan Phantom untuk Meningkatkan Keterampilan Ibu Merawat Bayi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan phantom terhadap keterampilan ibu merawat bayi. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan pendekatan pretest-postest control group design. Penelitian dilakukan di ruang nifas RSUD dr. M. Haulussy dengan sampel ibu primipara yang terdiri dari 30 orang kelompok intervensi dan 30 orang kelompok kontrol ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan daftar tilik dan dianalisis menggunakan uji wilcoxon, man whitney dan chi square. Hasil penelitian menunjukan perubahan peningkatan keterampilan ibu setelah pendidikan kesehatan sebanyak 80% ibu pada kelompok intervensi, sedang pada kelompok kontrol sebesar 50%. Pendidikan kesehatan pada periode taking hold dengan menggunakan media/alat bantu leaflet dan phantom terbukti berpengaruh terhadap keterampilan ibu merawat bayi.
Kata kunci: pendidikan kesehatan; keterampilan; perawatan bayi
Kata kunci: pendidikan kesehatan; keterampilan; perawatan bayi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs7303
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 GLOBAL HEALTH SCIENCE

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.