HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN PERAWAT DENGAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ETIKA KEPERAWATAN

karyadi -, Ketrin Touwely, Astuti Tuharea

Abstract


Etika merupakan pengetahuan moral dan susila, falsafah hidup, kekuatan moral, sistem nilai, kesepakatan, serta himpunan hal-hal yang diwajibkan, larangan untuk suatu kelompok/masyarakat dan bukan merupakan hukum atau undang-undang. Etika merupakan ilmu tentang moral sedangkan moral satu kesatuan nilai yang dipakai manusia sebagai dasar perilakunya. Maka etika keperawatan (nursing ethics) merupakan bentuk ekspresi bagaimana perawat seharusnya mengatur diri sendiri, dan etika keperawatan diatur dalam kode etik keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat pendidikan perawat dengan penerapan prinsip-prinsip etika keperawatan. Populasi penelitian cross sectional ini seluruh perawat yang bekerja pada puskesmas Waimital Kabupaten Seram Bagian Barat, dengan besar populasi 16 orang, dan seluruh anggota menjadi subyek penelitian (total sampling). Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan perawat dengan penerapan prinsip-prinsip etika keperawatan

Kata kunci: etika keperawatan, tingkat pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aiken. 2003. Etika dan Informasi. Yogyakarta: UGM Press

Ann Mariner. 2003. Asuhan Keperawatan. Jakarta: Gramedia

Arikunto S. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: EGC

Catalona. 2001. Dilema Etika keperawatan Kesehatan. Jakarta: Gamedia

Depkes RI. 2005. Perawat Profesional. Jakarta: Rajawali Press

Djiwandono S. 2007. Teknik Analisa Data. Jakarta: Gramedia

Frans Magnis Suseno. 2005. Etika Dasar, Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius

Harley. 2003. Peranan Dasar Seorang Perawat. Jakarta: Rajawali Press

Henderson. 2003. Perawat dan Pelayanannya. Jakarta: Gramedia

John Stone. 2007. Fungsi dan Prinsip Etika. Jakarta: Gunung Agung

Kusmanto. 2003. Profesi Kehidupan Perawat. Jakarta: Gramedia

Maunah, Binti. 2009. Ilmu pendidikan. Yogyakarta

Nasir Ridwan. 2005. Mencari Tipologi Formal Pendidikan Ideal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nila Ismani. 2005. Etika dan Peraturan. Jakarta: Gramedia

Notoadmodjo. 2006. Pengetahuan dan Perilaku. Jakarta: Binarupa Aksara

Robert Priharjo. 2006. Pengantar Etika Keperawatan. Yogyakarta: Kanisius

Soeprihanto, John. 2000. Penilaian Kinerja Pengembangan KaryawanYogyakarta: BPFE

Pemerintah RI. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional

Winkel. 2005. Pengetahuan Dalam Domain Kognitif. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v1i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.